Membuat Nutrisi Hidroponik, Gampang?



Apa itu Hidroponik? Hidroponik adalah cara budidaya tanpa media tanah.

Dengan kata lain, hidroponik merupakan suatu system budidaya tanaman pada media yang tidak menyediakan unsure hara, dan unsure hara esensial yang diperlukan tanaman disediakan dalam bentuk larutan / nutrisi.

Hidroponik bukanlah suatu hal yang baru karena sudah dilakukan oleh bangsa Aztec sejak jaman sebelum masehi. Di Indonesia dimulai tahun 1980an.

Apa saja jenis tanaman yang bisa dihidroponikkan?

1. Sayuran yang dipanen daunnya seperti Selada, Sawi, Pakchoi, Bayam, Kangkung, Kailan dll
2. Sayuran buah atau tanaman buah seperti Melon, Tomat, Cabai, Timun, Terung dll
3. Sayuran umbi seperti wortel, buah bit, bawang, kentang dll
4. Tanaman yang dimanfaatkan bunganya seperti Anggrek, Mawar, Adenium, Euphornia dll
5. Tanaman pangan seperti jagung, padi dll
6. Tanaman tahunan seperti Pepaya, Pisang dll

Dalam Hidroponik kita tidak boleh menggunakan tanah. Media yang biasa digunakan untuk hidroponik terbagi menjadi 3 bagian yaitu:

1. Media berupa cairan. Contoh: Air
2. Media padat. Contoh: sekam bakar, cocopeat, pasir, bebatuan, rockwool dll
3. Media gas. Contoh: Udara yang biasa disebut dengan Aeroponik
4. Media gel. Contoh. Hidrogel

Nutrisi Hidroponik

Nutrisi Hidroponik atau biasa disebut AB Mix merupakan pupuk khusus untuk budidaya Hidroponik. Teridiri dari 1 set berupa stok A dan stok B. Berupa kemasan terpisah yang tidak dapat langsung digabungkan. Berbentuk serbuk supaya ringan dan mudah dalam distribusi. Konsumen hanya perlu mencampurkan dengan air sesuai kertas petunjuk yang terdapat didalam kemasan nutrisi. Nutrisi hidroponik terbuat dari bahan garam mineral yang diramu sesuai dengan kebutuhan tanaman.

A. TDS meter

TDS singkatan dari Total Dissolved Solid fungsinya untuk mengukur partikel padatan terlarut di air dengan satuan ppm (part per millions). Dalam hidroponik TDS meter berfungsi mengukur konsentrasi nutrisi dalam suatu larutan nutrisi siap pakai sehingga dosis yang akan diberikan ke tanaman lebih akurat.

B. pH meter

pH meter adalah alat ukur elektronik yang digunakan untuk mengukur kadar pH (keasaman atau alkalinitas) dari sebuah cairan dengan hasil pembacaan 1 digit dibelakang koma sehingga lebih akurat. pH terbaik air baku yaitu 5,5-7 begitu juga pH terbaik larutan nutrisi siap pakai yaitu 5,5-7. Jika terlalu tinggi bisa diturunkan pakai Asam Sulfat atau Asam Posfat sedikit demi sedikit sambil diukur. Kalau terlalu rendah bisa dinaikkan pakai Kalium Hidroksida sedikit demi sedikit sambil diukur. Semua bisa didapat di toko kimia.

2 Comments

    • Bagus Mursid

Leave a Reply