Penerapan Metode Hidroponik Modern di Jepang



Penerapan hidroponik modern di Jepang patut untuk dicontoh. Khususnya dalam hal pemanfaatan teknlogi untuk menunjang kehidupan. Salah satunya dengan mengkombinasikan teknologi untuk mempermudah bercocok tanam hidroponik.

Tujuannya agar produksi tanaman lebih mudah dan juga menghemat tenaga. Bahkan lebih jauh lagi, pihak pengelola merangkul petani lokal untuk mengelola kebun dan memberi kesejahteraan secara finansial. Sehingga kebun hidroponik ini tidak hanya berdampak pada pengelola saja, namun juga para petani lokal.

Teknologi tersebut terbilang cukup canggih dan berstandar tinggi. Bangunan yang digunakan berbentuk kubah dengan penyinaran matahari yang penuh dan penerangan lampu bantu untuk cuaca mendung. Sedangkan di beberapa sudut juga dipasang pengatur suhu untuk menjaga kestabilan suhu ruangan agar tanaman tumbuh optimal.

Sedangkan untuk teknologi tanam hidroponiknya, mereka menggunakan sistem wadah hidroponik berbentuk spiral. Tanaman yang hari ini ditanam dari lingkaran dalam, otomatis akan bergerak berkala sampai saatnya panen berada di lingkaran paling luar Jadi disaat bersamaan, setiap hari mereka bisa panen dan tidak kehabisan stok sayuran untuk dijual.

Tonton video lainnya tentang hidroponik di channel youtube Hidoponik Yuk!

Jangan lupa like, komen, subscribe dan share apabila video ini menarik dan bermanfaat. Terimakasih. semoga harimu menyenangkan. 🙂

Leave a Reply