Sistem Tanam Hidroponik Metode Wick Botol Bekas



Salah satu sistem tanam hidroponik yang cukup mudah diterapkan adalah sistem wick atau sistem sumbu. Ada banyak alasan kenapa sistem ini mudah diterapkan dan cenderung populer di Indonesia.

3 Alasan Utama  Sistem Tanam Hidroponik Metode Wick Botol Bekas Cukup Populer di Indonesia

  1. Sistem sumbu/hidroponik sistem wick ini tergolong sangat murah. Hanya dengan modal sedikit saja kita bisa mempunyai kebun hidroponik sendiri. Bahkan bila kita rinci, ppengeluaran hanya sebatas untuk membeli nutrisi hidroponik dan benih saja.
  2. Bahan-bahan dan perlengkapannya mudah dicari di sekitar rumah. Kita hanya perlu mencari botol bekas berukuran 1,5 liter, kain bekas baju yang tidak terpakai, dan juga kerikil atau batu bata. Semuanya hampir dapat dipastikan tanpa biaya sama sekali. Sebab bahan-bahan ini semuanya tidak terpakai dan banyak di sekitar rumah.
  3. Cara pembuatan dan instalasinya mudah. Cara membuat hidroponik sistem wick ini cukup sederhana.
    • Pertama, potong botol minuman bekas menjadi dua bagian.
    • Kedua lubangi bagian atas tutup botolnya untuk memasukkan sumbu.
    • Ketiga, masukkan sumbu sepanjang 15 cm di lubang tutup tersebut.
    • Keempat, lubangi potongan bagian samping pada potongan botol yang ada sumbunya (buat 10-15 lubang sebesar mata solder meligkar di bagian botol yang mengerucut).
    • Kelima, pasang bagian yang bersumbu dengan posisi kerucut ke bawah.
    • Keenam, tanam benih sayuran yang berumur 1 minggu di sana, kemudian timbun dengan susunan batu bata lalu isi bagian bawah dengan air nutrisi.

Nah, dari ketiga alasan tersebutlah metode wick dirasa pas, murah, dan mudah untuk diterapkan. Selain alasan di atas, sebenarnya dengan sistem tanam hidroponik metode wick botol bekas, maka secara tidak langsung kita juga sudah melakukan pemanfaatan ulang sampah (recycle sampah).

Sehingga secara tidak langsung pula kita sudah mendukung anjuran go green dengan menanam tanaman produktif di pekarangan dan mendukung terciptanya ekosistem yang ramah lingkungan dengan mendaur ulang sampah.

Bagi yang belum tahu hidroponik sistem sumbu atau hidroponik sistem wick itu seperti apa, kamu bisa melihat video di bawah ini:

Tonton video lainnya tentang hidroponik di channel youtube Hidoponik Yuk!

Jangan lupa like, komen, subscribe dan share apabila video ini menarik dan bermanfaat. Terimakasih. semoga harimu menyenangkan. 🙂

Leave a Reply