Hidroponik Sistem Dutch Bucket dengan Media Hydroton



Pada dasarnya sitem hidroponik yang bisa diaplikasikan ada banyak. Namun sebagai contohnya, kali ini kita akan bahas sedikit lebih khusus. Salah satu yang cukup banyak dipakai di luar negeri dan mulai diterapkan di Indonesia adalah sistem hidroponik dutch bucket.

Dalam sistem hidroponik ini kita menggunakan bak dengan lubang berjarak untuk meletakkan net pot hidroponik. Sedangkan untuk media tanam digunakan hydroton / hidroton. Hidroton dikenal luas sebagai media tanaman yang cukup bagus. Selain bisa diakai berulang-ulang, daya serap nutrisi juga cukup baik. Sehingga tanaman akan memperoleh nutrisis yang optimal.

Kelebihan Hidroponik Sistem Dutch Bucket dengan Media Hydroton

  • Sistem hidroponik sistem dutch bucket dengan media hidroton ini termasuk yang cuku mudah dibuat dan dirangkai. Sistem ini tidak membutuhkan banyak bahan dan tentunya cukup sederhana secara bentuknya.
  • Karena bentuknya yang sederhana dan tidak terlalu besar, maka secara otomatis sistem dutch bucket ini cukup hemat tempat dan mudah dipindah-pindah. Jadi sistem hidroponik ini sangat cocok untuk lingkungan rumah yang tidak memiliki banyak ruang seperti di kpr atau rumah-rumah kecil di perkotaan.
  • Sistem seperti ini menggunakan pompa nutrisi, sehingga kita tidak perlu secara manual mengaduk air nutrisi di dalam bak. Kita hanya perlu menambahkan larutan nutrisi secara berkala saja.

Kekurangan Hidroponik Sistem Dutch Bucket dengan Media Hydroton

  • Sistem hidroponik sistem dutch bucket dengan media hidroton ini tergolong agak mahal. Kita perlu mengeluarkan beberapa biaya tambahan untuk membuat sistem hidroponik seperti ini. Jadi sebelum membuat atau membelinya sebaiknya kita mempertimbangkannya terlebih dahulu.
  • Ukurannya cukup kecil, sehingga hanya muat untuk beberapa lubang tanam saja. Jadi untuk menanam banyak tanaman dibutuhkan unit bak tambahan dengan sistem instalasi yang sama. Jadi kurang efektif untuk yang ingin menanam banyak tanaman sekaligus.
  • Karena sistem ini juga menggunakan pompa nutrisi, maka sistem ini cenderung menambah sedikit beban untuk listrik rumahan. Sebenarnya juga tidak terlalu besar, tetapi cukup terasa jika kita punya beberapa unit dengan jumlah yang banyak.

Bagi yang belum tahu sistem dutch bucket dengan media hidroton itu seperti apa, kamu bisa melihat video di bawah ini:

Tonton video lain tentang hidroponik di channel youtube Hidoponik Yuk!

Jangan lupa like, komen, subscribe dan share apabila video ini menarik dan bermanfaat. Terimakasih. semoga harimu menyenangkan. 🙂

Leave a Reply