Menanam Bawang Hidroponik di Rumah untuk Pemula



Bawang merah adalah salah satu bumbu dapur yang sering digunakan di Indonesia, hal ini karena banyak makanan tradisional menggunakan bahan satu ini. Di samping itu permintaan pasar kian meningkat dengan banyaknya penjual makanan saat ini.

Bagaimana, tertarikkah mengetahui cara menanam bawang merah di rumah dengan metode hidroponik? Memang benar sekarang masih banyak tanaman atau sayuran yang ditanam dengan metode hidroponik, tapi selain itu ternyata tanaman berjenis umbi-umbian juga bisa ditanam dengan metode hidroponik, salah satunya bawang merah.

Tertarik? Mari kita coba bersama

Sebelum mulai menanam, siapkan beberapa alat dan bahannya sebagai berikut :

  1. Menyiapkan pot
  2. Tandon nutrisi
  3. Media tanam yang di gunakan
  4. Memilih benih yang bagus
  5. Nutrisi ab mix
  6. Kain flanel
  7. Penangkal hama (jika dibutuhkan)
  8. Gunting dan cutter
  9. Air
  • Menyiapkan pot dan tandon

Pot dan tandon yang digunakan dapat memakai barang-barang bekas seperti botol, toples, strerofoam bekas buah, dll. Ataupun menggunakan staterkit pemula yang biasa di jual secara online, agar lebih mudah dan praktis tentunya. Kali ini kita akan menggunakan toples bekas sosis dan netpot.

  1. Pertama yaitu menyiapkan pot dan tandon nutrisi, untuk ukuran netpot juga menyesuaikan ukuran toples.
  2. Lubangi bagian atas tutup toples menggukan besi yang dilingkarkan kemudian dipanaskan terlebih dulu, diameter yang digunakan kurang lebih 5-7 cm.
  3. Buat lubang udara sedikit rendah pada posisi dasar pot.
  4. Gunting kain flanel dengan panjang sesuai toples agar dapat mengalirkan nutrisi dari tandon ke pot, cara kerjanya seperti sitem kapiler.
  5. Masukkan media tanam ke dalam pot (rockwool, cocopeat atau sekam).
  6. Tandan yang bening bisa di cat atau dibungkus plastik hitam agar nutrisi tidak ditumbuhi lumut.
  7. Persiapan Media Tanam untuk Bawang Merah Hidroponik

Media tanam yang cocok digunakan untuk menanam bawang merah yaitu rockwool, arang sekam, dan cocopeat. Dapat juga dengan mencampurkan arang sekam dengan cocopeat dengan perbandingan 1:1 agar diperoleh hasil yang lebih baik. Lalu masukkan media tanam tersebut ke dalam pot. Jangan lupa memasang kain flanel pada dasar pot yang sudah dilubangi.

  • Menyiapkan Benih Bawang Merah Hidroponik

Benih yang digunakan bisa berupa biji yang dapat dibeli di toko-toko pertanian atau menggunakan bawang merah yang ada di dapur. Pilih yang tua, mengkilat dan padat, lalu jemur dalam sinar matahari sebentar.  Usahakan memilih umbi bawang merah yang sudah ada calon serabut akarnya. Terakhir potong bagian atas umbi tersebut sedikit saja, agar nantinya dapt tumbuh daunnya. Bibit sudah siap untuk ditanam.

  • Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik

Setelah semuanya sudah siap, saatnya kita menanam bawang merah dengan metode hidroponik. Yang perlu dilakukan yaitu :

  1. Pertama basahi media tanam dengan air biasa tidak usah sampai menggenang atau berlebihan.
  2. Kemudian benamkan bibit bawang merah ke media tanam hampir setengahnya.
  3. Letakkan pada tempat teduh selama kurang lebih 3-4 hari, cek di hari ketiga.
  4. Periksa kelembapan media, usahakan terus lembap, tidak sampai nyemek.
  5. Jika tunas sudah tumbuh 1 cm beri larutan nutrisi ab mix (khusus umbi) pada tandon.
  6. Kemudian mulai tempatkan pada tempat yang terkena sinar matahari.

Baca juga : Cara mudah menyemai benih hidroponik

  • Kebutuhan PPM pada Nutrisi yang Digunakan

Nutrisi hidroponik ada dua bagian yaitu A dan B, larutkan terlebih dulu masing-masing nutrisi. Cara melarutkan nutrisi hidroponik ab mix . Jika sudah larut, simpan pada dua wadah yang berbeda dan akan di campur saat akan di pakai. Adapun kebutuhan nutrisi bawang merah berbeda-beda setiap fase pertumbuhannya, semakin besar tentunya akan membutuhkan banyak (pekat) nutrisi hidroponiknya. Beikut kebutuhan nutrisi dari awal sampai panen dalam ppm :

  1. Awal tanam (sejak bibit memiliki tunas 1 cm) > 400 ppm
  2. Minggu kedua > 800 ppm
  3. Minggu ketiga > 1000 ppm
  4. Minggu keempat > 1000 ppm
  5. Minggu kelima > 1000 ppm
  6. Minggu keenam sampai panen > 1200 ppm
  7. Perawatan dan Pemeliharaan Bawang Hidroponik

Perawatan dan pemeliharan merupakan hal wajib yang perlu kita lakukan agar bawang merah tumbuh dengan baik dan maksimal. Perawatannya sangat mudah, yaitu pastikan nutrisinya (pupuk) tercukupi dengan baik. Cek PPM dan pH secara rutin, gunakan nutrisi khusus umbi karena bawang merah termasuk umbi-umbian. Terakhir cegah dari hama yang mengganggu tanaman.

  • Waktu Panen

Untuk bawang merah hidroponik memiliki masa panen 60-65 hari atau sekitar 2 bulan. Bawang merah dapat dipanen saat daunnya mulai kecoklatan dan layu. Cara panennya sangat mudah yaitu tinggal dicabut dari media tanam.

Demikian cara Menanam Bawang Hidroponik Mudah untuk Pemula, sangat mudah bukan. Bagi yang penasaran boleh dicoba dirumah, semoga bermanfaat.

Baca juga : Mudahnya menanam cabe hidroponik di rumah

Leave a Reply